TRANSFER PAPER

Loading...
Loading...

Rabu, 04 Mei 2011

CARA MEMBUAT TOPENG KERTAS



                         Berawal dari melihat kegemaran anak saya yang suka meniru pahlawan SUPER HERO idolanya,saya jadi berpikir untuk memberikanya hadiah berupa topeng2 sesuai karakter yang diinginkanya,tapi untuk membeli topeng2 karater tertentu sangat sulit ditemui,kalaupun ada harganya sangat mahal,padahal anak2 suka bosan dengan karakter yang ada

Maka saya berpikir untuk membuatkannya topeng,selain modalnya cukup murah hasil yang di dapat tidak mengecewakan,terbukti setelah topeng2 buatan saya jadi, peminatnya sangat banyak...hehehehe...bangga juga sih..,bukan cuma anak2...anak-anak muda dan anak band sampai ada yang mo pesen segala....,karna yang saya buat bukan cuma topeng anak2,tapi topeng2 serem juga,seperti topeng Band SLIPKNOT...ini saya bagi2 ilmu..,smoga bermanfaat...

Cara membuat topeng kertas sangatlah mudah
Bahan-bahan yang di butuhkan

1.Kertas koran bekas atau kertas jenis apa saja (asal tidak mengkilat)
2.Lem kayu atau lem kanji (buat sendiri)
3.Papan/alas untuk cetakan topeng
4.Cat untuk mewarnai
5.Gunting dan curter
6.karet gelang/karet celana (beli meteran)

CARA MEMBUATNYA:
Tahap Pertama,buat cetakan untuk topeng
Rendam kertas dengan air dan dihancurkan,hingga menjadi bubur kertas,lalu buat cetakan topeng yang anda inginkan,lalu di keringkan 1 sampai 2 hari (tidak terlalu basah)


Tahap kedua,membuat topengnya
Rekatkan lebar kertas demi kertas menggunakan lem ,mengikuti bentuk cetakan,hingga kira-kira  menutupi seluruh permukaan cetakan dan mencapai ketebalan yang di inginkan.

Tahap ketiga,keringkan ,angkat dari cetakan topeng yang telah kering,rapikan pinggirnya pakai gunting,lalu di cat sesuai keinginan dan keringkan..

Tahap keempat.tanam karet gelang/karet celana (beli meteran)di belakang topeng.(fungsinya untuk penahan saat topeng di pakai) ,lubangi tempat mata menggunakan curter

Untuk diketahui,hasil  topeng yang di dapat tergantung bagaimana kita berkreasi dan berkreatif....

SANGAT MUDAH BUKAN CARA MEMBUATNYA???
 SELAMAT BERKREASI.....




12 komentar:

  1. Mas..
    gw jga lgi nyoba" bkin topeng nih..
    tpi bngung gmna cara'a..
    gmna biar gw bisa konsultasi sama Mas nih..??

    BalasHapus
  2. kesulitanya dimana?dah di coba blm caranya???

    BalasHapus
  3. mas di jual gk,please,,tp materi dari saya,,bisa gk

    BalasHapus
  4. di jual koq...,itu juga kl minat...

    BalasHapus
  5. mas, itu cara ngangkat nya gmna.?,, kn tdi kertas nya di lem..
    mohon bantuan nya,, soal nya belum ngerti nih mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapisan kertas Awal dasarnyayg mo ditaro ke cetakan jgn di ksh lem,pake kertas basah aja,setelah itu baru di tumpuk pake lem di kertasnya utk lapisan kedua lapisan ke 2,tunggu kering,maka hasil topeng dan cetakannya gak akan lengket pas di angkat...

      Hapus
  6. oh begitu,, terima kasih yah mas atas info nya :)

    BalasHapus
  7. Haduhh Pusing Bisa Tolong Buatin Aja Ga Kang ??

    BalasHapus
  8. cetakannya w bingung Bangg,,,,,tolong di bales OKE

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl ada yg kesulitan dalam membuat topeng hub saya 08161382070 insyaallah sy bantu...ato email ke radencw@gmail.com

      Hapus